Jumat, 31 Mei 2013

Sotoy itu....

Diposting oleh Reza Athamrin di 02.01

Sebelum kalian meneruskan baca tulisan ini, kami mohon dengan sangat, please, jangan ada yang plesetin sotoy jadi sotoy ayam, sotoy daging, rujak cingur, dan sotoy-sotoy lainnya.
Mungkin kalian masih ada yang belum tau apa itu ‘sotoy’, oke, gapapa. Kami akan menjelaskan duduk perkaranya, apa itu sotoy, dan mengapa sotoy itu tidak baik untuk pribadi, dan untuk masyarakat luas. Kami harap kalian mengerti dengan sepenuhnya, sebab ini sangat penting, guna terciptanya kehidupan yang lebih beradab.

Bisa dibilang kata sotoy adalah istilah ‘gaul’, atau bahasa slang yang sering digunakan anak-anak muda. Sotoy sendiri artinya adalah ‘sok tahu’. Contoh penggunaan sotoy dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: “Ah sotoy lu, kaya ngerti aja..” atau “Sotoy banget sih lu, bocah kemaren sore..”
Memang segala sesuatu itu ada pro-kontranya, ada hitam-putihnya, ada iya-enggaknya. Betul itu. Sotoy sendiri bukannya gak ada positifnya, ada juga kok. Dengan sotoy orang bisa jadi punya wawasan baru, punya keberanian buat nyoba. Tapi sekali lagi, tapi nih, orang sotoy itu kebanyakan ngeselinnya, kalo gak percaya, tanya aja sama diri lo sendiri.

Nah, sotoy itu ternyata setelah dijabarin ada banyak macemnya, gak sekadar sok tahu. Kayak apaan aja kelakuan orang sotoy yang ngeselin, nih mending kita bahas satu-satu.

1. Maen Nimbrung Aja
Kalian pasti pernah lagi asik-asik nongkrong and ngobrol bahas yang seru-seru, eh tau-tau dateng sesosok mahluk semiastral yang gak tau apa-apa tapi langsung maen nimbrung aja. Dan seketika suasana langsung berubah jadi awkward, hening sejenak, dan mood berubah drastis. Pernah kan? Pernah dong? Pernahin lah.

2. Gak Ditanya Tapi Nyerocos Mulu
Ada juga mungkin lanjutannya seperti ini. Pas orang sotoy tadi udah maen nimbrung, terus kamu ngajak ngobrolnya siapa, eh yang jawab malah siapa. Malah kadang udah kita cuekin, kita antepin, kita gak berdayain, dia malah tetep nyerocos. Padahal dalam hati kita udah males sama dia, udah empet, udah pakyu banget nih orang dah. Ibarat kata jemuran kaga kering, demek.

3. Sok Akrab
Yang satu ini seringnya kejadian kalo gak sengaja ketemu. Misalnya ketika lagi kondangan ke temen lama, atau lagi reunian. Kita kan tau yah siapa yang temen akrab, siapa yang nggak. Eh ini ada aja yang dateng nyamperin terus sok-sok akrab nanya ini-itu tentang hidup kita, atau bahkan bahas tentang kehidupan kita yang kita sendiri bahkan belum pernah ceritain ke dia. Ya mungkin sih niatnya baik. Tapi ya masa gak ngerti sih, yang kayak gini biasanya tau tentang kehidupan kita sebatas di dunia socmed, soalnya dia follow Twitter kita, Instagram kita, atau temenan sama kita di Facebook. Orang sotoy tipe ini biasanya punya tingkat kekepoan tinggi.

4. Sok Jago
Sotoy yang satu ini banyak kejadian ketika lagi olahraga bareng, hampir pasti tiap olahraga bareng temen, ada aja tipe sotoy yang satu ini. Dia merasa dirinya yang paling bisa dan paling jago. Ada yang salah dikit, dia langsung berasa jadi pelatih, langsung ngajarin teknik yang bener menurut dia. Padahal mah padahal, dia juga mainnya kacrut. Tapi yah namanya juga namanya, daripada daripada kan mendingan mendingan, abisnya kan gitu yah, ya masa gini sih. Bukan cuma di olahraga, di dunia per-game-an juga sering muncul orang-orang kayak gini.

5. Sok Paling Bener
Sayangnya, tipe yang satu ini biasanya berasal dari lingkungan pertemanan kita sendiri. Dia gak bisa ngeliat kita ngelakuin kesalahan sedikit aja, soalnya pasti dia langsung berkhotbah tentang bagaimana menyamankan diri di atas seonggok tinja pembaharu dunia bernama pasar bebas gimana seharusnya kamu bertindak. Biasanya dimulai dengan kalimat “Tuh, kan udah gua bilang..” atau “Lo sih gue bilangin gak percaya..”. Orang sotoy tipe ini emang ngeselinnya banget, gak pernah mau disalahin walaupun dia yang salah. Mungkin dia merasa dirinya Nabi, Nabi la JKT48 ^_^


Tuh dia 5 kategori sotoy menurut gw. Yah tapi yang namanya manusia gak bisa luput dari kesalahan kan yah. Yang pasti kita harus pinter-pinter bercermin sama diri sendiri, apakah kita termasuk golongan orang yang sotoy atau nggak? Jangan sampe kita udah nyinyirin orang-orang sotoy, eh kita sendiri termasuk dalam golongannya. Nah, ini aja gue udah termasuk golongan sotoy nih, sok ngajarin lo-lo semua.

Kalo lo gimana? Termasuk punya temen tipe sotoy yang mana atau kamu termasuk sotoy yang mana?

0 komentar:

Posting Komentar

 

Twilight has stories... Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos